Clock

Sunday, March 13, 2011

CESI blog competition - Canada (part 1)

Hey guys , buat next 2 post gw bakal bahas tentang education di Canada , kayak budaya nya - social nya - hal2 seperti itu lah ... so buat bro and sis yang masih bingung2 nih buat education nya kedepan nanti ... moga2 post gw ini bisa ngebantu kalian memahami lebih tentang informasi education di luar - ( khususnya Canada )

Moving on (alah , kayak lagu nya Andien aja) , Hmm... ada yang tau dulu mungkin Canada itu negara apa atau dimana sih ?
Letaknya cukup jauh for us Indonesian , bukan di Asia di benua Amerika pastinya 
Canada = yang warna hijau

Capital nya Ottawa , lambang nya maple leaf ( personally i think it's cool ) dan negara nya cukup banyak populasi nya , official language nya inggris sama perancis ...so ga usah takut ga bisa komunikasi , malah bisa jadi suatu kesempatan buat agan2 belajar bahasa inggris dan latihan jadi mandiri
     Oh iya , ngemenk2 warna yang dipake di bendera nya sama loh kayak Indonesia , merah-putih , wahahahaha ... ce-es an nya Indonesia nih kayaknya , gw bikin pic nih buat occation post gw ini , n-joy

Indonesia - Canada , thumbs up !


Mungkin kita mulai dari gw dulu aja ya , gw sendiri sebenernya ga terlalu familiar sama canada itself , gw cuma tau dari beberapa TV shows dan itu pun cuma info sepotong-sepotong , tapi yang pasti gw tau , orang-orang Canada itu mayoritas nya nice - sopan gitu

Kenapa gw bisa bilang gitu ?
     Gw kenal beberapa dan tau cukup banyak Canadian dan mereka semua baik menurut gw , teacher gw pas SMA (RIP) , dia orang canada dan baek orang nya , kadang suka tegas tapi dia sering bercanda dan care banget sama anak2 kelas nya
     Beberapa orang canada yg gw tau dari TV shows itu kayak colin mochrie (whose line is it anyway) , cobie smulders (HIMYM)
Sering banget orang canada kayak diremehin ato dianggep aneh gara-gara cara mereka yang berbeda dalam melakukan sesuatu , tapi cara mereka itulah yang bisa bikin gw bilang mereka "good in its simplicity"

Balik ke topic ... jadi education di Canada itu semacam dikontrol oleh tiap2 provinsi (mereka punya banyak provinsi gitu ) ,

Experience temen gw Jessica yang kuliah di Canada saat ini di Vancouver , British Colombia ...
Mayoritas guru2nya tuh bertanggung jawab, bisa ngajar dan mereka banyak banget resourcesnya. Terus klo misalnya kita punya masalah apa, mereka bakal usaha bantuin lah. Orang2 sini tuh bener2 mentingin kualitas pendidikannya. Guru2nya bakal ngetest material sampe bener2 dalam
         Orang2 nya friendly dan mau bantuin international student dan gak rasist , suasana nya cocok buat belajar (vancouver) dan bikin relax , klo dari culture nya sendiri sih mayoritas pada baik tapi dimanapun ya tetep aja ad yang sensitif , jadi harus bisa menyesuaikan diri dan adaptasi lah 

CESI (Canadian Education Service International) itu organisasi non profit terbesar di canada yang udah punya reputasi sebagai top education gitu di canada ... jadi si CESI ini juga ngasi akreditasi buat sekolah untuk ngejudge apakah sistem mereka udah oke ato blm , jadi bisa dibilang kayak dia ini ngasi standard buat education di canada ... nah buat kalian yang tertarik nih , mungkin bisa search2 dolo univ / sekolah tujuan kalian ... yang akreditasi nya bagus .. yang suasana nya lebih menunjang belajar , dll
Some education facts about Canada :
--- In 2009, about 1,000 Indonesian students went to CANADA to study
Jadi ga dikit tuh orang2 indonesia yg kesana buat belajar , kalian pasti ad temen dari indonesia juga lah istilah nya jadi kalo awal2 gak merasa kayak sendiri gitu
---CANADA offers globally-recognized education because public colleges and universities are ranked among the highest in the world
---CANADA ranked No. 3 worldwide in terms of high quality of life, the quality of education and services, peace-keeping commitments, and multiculturalism.
---CANADA welcomes students who graduated in Canada to apply for Permanent Residency thereby making them equally entitled to both health-care and employment benefits available to Canadian citizens.
 Klo buat kalian yang mau jadi permanent residence disitu , bisa banget , aspek2 kesehatan dll itu juga terjamin sama pemerintah nya

Terakhir ... sedikit info tentang cost nya , 
       Klo untuk international student, cost yang mesti di pertimbangin tuh biaya ambil kelas di university ato college dan biaya tempat tinggal.
      Biasanya setiap kelas yang di ambil ada 3 kredit, dan biaya perkreditnya sekitar $ 600. Klo baru awal biasa cukup ambil 3-5 courses aja. Jadi sekolah satu termnya sekitar $ 5400- $ 8000. Di Canada, satu tahun terdiri atas 3 term (spring/winter, summer, fall). Untuk biaya tempat tinggal, bisa homestay biaya nya tergantung tempat nya



Klo kalian masi bingung , gampang nya tinggal ngikutin step2 ini (secara singkat) dan buat info lebih lanjut bisa ke website nya CESI langsung , tinggal click banner di bag kanan blog gw ato visit langsung studyandworkincanada.org 

So...overall dari aspect education nya , canada menurut gw udah OWNING (klo di dota , wkwkwk) , gw sendiri blm ad kepikiran buat lanjut education lagi abis ini (kan sekarang lagi S1 meskipun blm bisa dibilang anak kuliahan juga gara2 ijazah blm keluar) , tapi klo gw nanti nya mau ambil S2 , canada bisa jadi the next spot for me to get my degree


No comments:

Post a Comment

Share

Widgets